Thursday, November 8, 2012

Soal Olimpiade Biologi SMA Tingkat Kabupaten/Kota 2012


Berikut ini adalah contoh soal-soal yang digunakan dalam olimpiade biologi (OSN Biologi) untuk siswa SMA tingkat kabupaten/kota tahun 2012.
  1. Salmonella merupakan bakteri penyebab tifus yang memiliki kemampuan menghasilkan Н2S saat ditumbuhkan pada medium kaldu daging. Kemungkinan besar Н2S yang terbentuk berasal dari?
  2. Kultur asynchronous (tidak sinkron) dari populasi sel merupakan suatu kumpulan sel yang berada pada berbagai tahapan siklus sel. Diketahui bahwa lama siklus sel adalah 20 jam, dengan waktu masing-masing fase, G1 = 9 jam; S = 6 jam; G2 = 4 jam; M = 1 jam. Jika jumlah sel pada kultur ansychronous anda adalah 1000 sel, berapa banyak sel yang yang anda harapkan sedang berada dalam fase mitosis?
  3. Bakteri banyak ditemukan pada celah hidrotermal di dasar lautan, dimana suhu sangat tinggi karena pemanasan oleh magma. Bakteri tersebut memiliki DNA dengan kadar G dan C yang tinggi. Mengapa DNA bakteri tersebut dapat stabil pada suhu tinggi?
  4. Seorang dokter dapat memeriksa kondisi kehidupan dari pasiennya dengan memberikan sorotan lampu senter ke arah mata. Pada orang yang masih hidup, pemberian cahaya akan direspon melalui perubahan diameter bagian (.....), namun pada orang mati bagian tersebut tidak akan berespon terhadap cahaya senter.
  5. Suatu sel abnormal memiliki pasangan kromosom yang dinyatakan dengan A1/A2 B1/B1 C1/C2 D1, dimana kromosom D tidak memiliki pasangan homolognya. Berdasarkan tipe kromosom penyusunnya, berapa jenis sel gamet yang anda harap dapat dihasilkan dari turunan sel tersebut?
Soal-soal tersebut merupakan sebagain contoh dari soal yang digunakan dalam olimpiade biologi untuk siswa SMA tingkat kabupaten/kota tahun 2012. Untuk soal yang lengkap, dapat diunduh melalui link berikut ini. Semoga bermanfaat!

Soal Olimpiade Biologi SMA Tingkat Kabupaten/Kota 2012 Kode 01 download
Soal Olimpiade Biologi SMA Tingkat Kabupaten/Kota 2012 Kode 02 download
Soal Olimpiade Biologi SMA Tingkat Kabupaten/Kota 2012 Kode 03 download

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons