Saturday, January 4, 2014

Soal Olimpiade IPA SD Tahun 2008 Tingkat Nasional (OSN)

Soal Teori 1 Olimpiade Sains Nasional (OSN) Bidang IPA SD

Soal olimpiade sains SD bidang IPA tahun 2008 telah admin uploud. Soal berikut ini merupakan soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Nasional Bidang IPA yang dilaksanakan di Makassar pada tahun 2008. Soal-soal olimpiade ini dapat dijadikan bahan latihan soal dan dapat digunakan untuk membuat prediksi soal olimpiade sains nasional (OSN) 2014. Dengan soal ini diharapkan siswa dapat memperoleh gambaran prediksi soal-soal IPA SD yang digunakan dalam OSN. Melalui belajar dan banyak latihan mengerjakan soal-soal latihan diharapkan siswa dapat berhasil mengikuti OSN tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional. Berikut ini contoh soal olimpiade IPA SD (OSN Makassar) Teori 1 Tahun 2008.

Di bawah ini merupakan beberapa ciri biji pada tumbuhan
1) ringan
2) berlemak
3) kecil
4) kulit buahnya berbau harum
5) punya pelindung yang kuat
6) bersayap

Ciri – ciri biji tumbuhan yang pemencarannya dibantu oleh angin adalah
a. 1, 2, 5
b. 1, 3, 6
c. 2, 4, 5
d. 3, 5, 6
e. 1, 2 ,4

Energi nuklir merupakan salah satu sumber energi alternatif untuk sekarang dan masa depan. Sumber energi nuklir dapat menyediakan energi bagi kebutuhan manusia untuk waktu sampai jutaan tahun. Energi nuklir berasal dari dua jenis reaksi nuklir. Tuliskan dua jenis reaksi nuklir tersebut!

Terangkan mengapa kompor minyak tanah memerlukan sumbu agar dapat menyala, sedangkan kompor gas tidak memerlukan sumbu?


Soal dengan versi yang lengkap dapat di unduh melalui link berikut. Anda perlu bersabar dalam mendownload soal olimpiade IPA SD karena mungkin akan melewati beberapa halaman blog. Terima kasih atas kunjungan anda dan semoga bermanfaat.

Soal Olimpiade IPA SD Tahun 2008 OSN Tingkat Nasional Teori 1 download

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons