Saturday, January 4, 2014

Soal Olimpiade IPA SD Tahun 2008 Tingkat Nasional (OSN)

Soal Eksperimen Olimpiade Sains Nasional (OSN) Bidang IPA SD
 
Soal olimpiade sains SD bidang IPA tahun 2008 telah admin uploud. Soal berikut ini merupakan soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Nasional Bidang IPA yang dilaksanakan di Makassar pada tahun 2008. Soal-soal olimpiade ini dapat dijadikan bahan latihan soal dan dapat digunakan untuk membuat prediksi soal olimpiade sains nasional (OSN) 2014. Dengan soal ini diharapkan siswa dapat memperoleh gambaran prediksi soal-soal IPA SD yang digunakan dalam OSN. Melalui belajar dan banyak latihan mengerjakan soal-soal latihan diharapkan siswa dapat berhasil mengikuti OSN tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional. Berikut ini contoh soal olimpiade IPA SD (OSN Makassar) Eksperimen Tahun 2008. 


BERMAIN DENGAN KUPU-KUPU

Beberapa jenis hewan melakukan penyamaran untuk menghindari pemangsa. Beberapa hewan seperti belalang dan kumbang jenis tertentu mempunyai bentuk dan warna tubuh yang menyerupai tempat hidupnya. Sementara itu bunglon dapat merubah warna tubuhnya sesuai dengan tempat hidupnya. Sebagian kupu-kupu akan menyamarkan keberadaannya dengan memanfaatkan warna tubuhnya. Kupu-kupu yang mudah terlihat akan mudah dimangsa oleh burung.

Tujuan eksperimen
  1. Siswa merancang suatu eksperimen tentang adaptasi makhluk hidup. 
  2. Siswa menganalisis dan menyimpulkan hasil eksperimen. 
  3. Siswa menjelaskan beberapa peristiwa yang berkaitan dengan ekperimen yang dilakukan.
Alat dan bahan

1. Papan area hamparan bunga, batu, dan rumput
2. Tiga jenis kupu-kupu
  • kupu-kupu A 3 pak (warna merah, jumlah 30 buah) 
  • kupu-kupu B 3 pak (warna hitam, jumlah 30 buah) 
  • kupu-kupu C 3 pak (warna hijau, jumlah 30 buah)
3. Jam Analog (1 buah)
4. Kertas HVS (2 lembar)
 
Pengantar Eksperimen

Perhatikan semua alat dan bahan yang ada di hadapanmu! Dengan menggunakan alat dan bahan tersebut, coba kamu rancang suatu percobaan untuk membuktikan penyamaran setiap jenis kupu-kupu (A,B, dan C) pada tempat yang berbeda (batu, bunga dan rumput). Pada setiap area terdapat ketiga jenis kupu-kupu. Gunakan dua ujung jarimu (jari telunjuk dan jari tengah) sebagai pelatuk burung yang memangsa kupu-kupu seperti pada gambar disamping. Jadi dalam percobaan ini kamu berperan sebagai burung.

Untuk hasil yang baik, pastikan bahwa dalam satu kali mematuk, hanya seekor kupu-kupu yang tertangkap dan kamu melihat kupu-kupu yang sedang kamu tangkap.


Soal dengan versi yang lengkap dapat di unduh melalui link berikut. Anda perlu bersabar dalam mendownload soal olimpiade IPA SD karena mungkin akan melewati beberapa halaman blog. Terima kasih atas kunjungan anda dan semoga bermanfaat.

Soal Olimpiade IPA SD Tahun 2008 OSN Tingkat Nasional Eksperimen download

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons